News

Latest Post
Loading...
“Tiga syarat menghadapi tantangan global; perkuat kemandirian bangsa, tingkatkan daya saing, dan miliki peradaban bangsa yang mulia”. (Susilo Bambang Yudhoyono)

Selasa, 03 Oktober 2023

Analisis Video Praktik Baik 3.2

Rochimudin | Selasa, 03 Oktober 2023 | 22.07 |

 Tugas Demonstrasi Kontekstual Modul 3.2

1. Apakah visi dari sekolah tempat guru dalam video Praktik baik pemanfaatan sumber daya sekolah?

Visi dari sekolah tempat guru dalam video tersebut adalah Mewujudkan kelas impian yang nyaman untuk belajar.

Visi Kelas Impian. (Gambar: canva.com)

2. Apakah prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru dalam tayangan video?
Prakarsa perubahan yang akan dilakukan oleh guru tersebut yaitu bagaimana upaya untuk mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk pembelajaran.

3. Apakah pertanyaan utama dari kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video tersebut?
Pertanyaan utamanya adalah bagaimana langkah-langkah untuk mewujudkan kelas yang nyaman dan menyenangkan untuk pembelajaran yang berpihak pada murid?

4. Kegiatan/tindakan apa yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video yang menggambarkan tahapan: BAGJA

Kegiatan yang dilakukan oleh guru dalam tayangan video berdasarkan tahapan BAGJA yaitu:

B (Buat Pertanyaan Utama):

Guru mengajak rekan sejawat untuk merumuskan pertanyaan utama dari prakarsa perubahan yang dilakukan.

A (Ambil Pelajaran)

  • a. Guru memberikan pertanyaan untuk menggali informasi dan menggali pengalaman belajar murid.
  • b. Murid diajak untuk mengambil pelajaran dari kelas lain untuk menambah inspirasi kelas yang membuat semangat dengan mengadakan kunjungan ke kelas lain.
  • c. Murid mengidentifikasi ruang kelas 2 dan 6 dan mencatat tentang apa yang mereka sukai di kelas tersebut yang dapat dijadikan penyemangat belajar.
  • d. Murid juga dapat bertanya kepada siswa yang berada di kelas itu tentang apa yang mereka sukai di kelasnya. Pada kegiatan ini guru membagi siswa menjadi 4 kelompok.

G (Gali Mimpi)

  • a. Guru meminta murid untuk mengambil alat dan bahan yang sudah disiapkan untuk setiap kelompok.
  • b. Guru meminta murid untuk menutup mata mereka dan membayangkan kira-kira kelas seperti apa yang nyaman dan menyenangkan serta menjadi penyemangat dalam belajar.
  • c. Guru meminta murid bekerja secara berkelompok untuk menggambarkan kelas yang nyaman sesuai dengan impian yang murid bayangkan.
  • d. Guru meminta murid untuk menjelaskan di depan kelas terkait kelas impiannya.

J (Jabarkan Rencana)

  • a. Guru mengajak murid untuk berkomitmen menentukan kebutuhan apa sajakah yang harus dipersiapkan untuk mewujudkan kelas impian mereka.
  • b. Guru mengajak murid untuk membuat daftar rencana apa yang harus dilakukan untuk kelas impian mereka
  • c. Guru bertanya kepada murid tentang bagaimana cara mewujudkan kelas impian.
  • d. Guru menuliskan jawaban-jawaban harapan yang dimiliki murid di papan tulis seperti: lantai yang bersih, dinding yang penuh hiasan, kursi yang bisa diubah-ubah, adanya rak buku, dll.

A (Atur Eksekusi)

  • a. Guru memberi kesempatan murid untuk berpikir bagaimana menentukan pembagian tugas dalam kelompok.
  • b. Guru menulis terkait tugas yang dimiliki oleh setiap kelompok di papan tulis diantaranya:
Kelompok 1 membersihkan kelas.
Kelompok 2 membuat hiasan dinding
Kelompok 3 menyusun bangku
Kelompok 4 menyusun buku

  • c. Guru dan murid menyepakati waktu pelaksanaan atas pemenuhan tugas yang telah diberikan.
  • d. Guru meminta murid menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan.

5. Apakah peran pemimpin pembelajaran yang tergambar dalam tayangan video?

Peran pemimpin ditunjukan oleh seorang guru yang berperan sebagai pemimpin pembelajaran di kelas berupaya mewujudkan prakarsa perubahan yang disepakatinya dengan memanfaatkan segala potensi dan aset yang telah dimiliki oleh lingkungan sekitar sekolah sebagai kekuatan untuk maju.

6. Apa saja modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalam tayangan video,kemudan bagaimana pemanfataannya?

Berbagai modal yang dikelola untuk mendukung pembelajaran di sekolah antara lain:

a. Modal Manusia

Modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dalam video tersebut adalah modal manusia (SDM) sebagai unsur biotik dalam ekosistem sekolah. Guru menggunakan pendekatan berbasis aset dengan berupaya menemukenali hal-hal positif yang ada di lingkungan sekolah. Kemudian guru menumbuhkan komitmen pada diri murid untuk bergotong royong mewujudkan kelas yang menjadi impian para murid.

b. Modal Sosial

Guru berkolaborasi dengan rekan sejawatnya untuk merumuskan prakarsa perubahan dengan menggali sumber belajar dari kelas lain, tentunya dengan meminta izin kepada guru kelas yang akan dikunjungi oleh para muridnya pada kegiatan kunjungan kelas.

c. Modal Fisik

Ruang kelas yang merupakan bagian dari aset tidak bergerak yaitu gedung sekolah yang digunakan untuk ruang belajar. Ornamen hiasan dinding yang ada dapat dimanfaatkan oleh murid untuk menutupi bagian dinding yang terlihat rusak. Rak buku dimanfaatkan untuk tempat meletakkan buku bacaan sebagai bahan bacaan murid atau pojok baca. Bangku dan meja yang dapat diatur sesuai dengan kesepakatan kelas.

d. Modal Lingkungan

Warga kelas memanfaatkan bahan-bahan yang tersedia di lingkungan sekolah untuk mempercantik kelas menjadi impian murid secara bersama.

e. Modal Finansial

Uang kas kelas yang digunakan untuk membeli alat dan bahan yang diperlukan untuk menggambar kelas impian murid.

f. Modal Politik

Kebijakan kepala sekolah memberikan dukungan bagi guru untuk melakukan perubahan positif untuk meningkatkan semangat belajar para murid guna peningkatan kualitas pembelajaran. Hal itu duperkuat dengan dukungan orang tua berupa pemberian izin dan kemudahan belajar.

g. Modal Agama dan Budaya

Budaya sopan dan santun diterapkan guru sebelum masuk ke dalam kelas. Murid juga menyambutnya dengan ramah atau menghargai guru. Ada juga budaya gotong royong yang diterapkan oleh murid untuk mewujudkan kelas impian sesuai keinginan mereka. 


Get free daily email updates!

Follow us!


Ditulis Oleh: Rochimudin ~ Untuk Pendidikan Indonesia

Artikel Analisis Video Praktik Baik 3.2 Semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar baik FB comment maupun comment di blog. Sebaiknya berikan comment selain di FB comment agar cepat teridentifikasi.

Artikel Berkaitan:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berlangganan

//