News

Latest Post
Loading...
“Tiga syarat menghadapi tantangan global; perkuat kemandirian bangsa, tingkatkan daya saing, dan miliki peradaban bangsa yang mulia”. (Susilo Bambang Yudhoyono)

Sabtu, 06 September 2014

Bangun Pagi, Sebuah Rahasia Sukses

Rochimudin Indonesia | Sabtu, 06 September 2014 | 22.23 |
Sebagian besar orang sukses ternyata mengawali aktivitas keseharian mereka dengan bangun pagi. Mereka biasa bangun pagi agar bisa berinteraksi dengan orang di sekitarnya atau mendapatkan informasi dari peristiwa yang terjadi di seluruh dunia.
Seperti dikutip dari laman Business Insider, Jumat 27 Desember 2013, para chief executive officer (CEO) perusahaan kelas dunia menerapkan gaya hidup bangun lebih awal di pagi hari.




Para eksekutif ini selalu bangun lebih pagi dibandingkan kebanyakan orang. Padahal, mereka kerap kali tidur menjelang dini hari, karena menyelesaikan banyak hal. Beberapa di antara mereka selalu menyempatkan diri untuk bisa berolahraga dengan keluarga. 



Sebuah penelitian juga menyimpulkan bahwa bangun di pagi hari cenderung membuat seseorang menjadi lebih bahagia dan proaktif. Berikut CEO dunia yang terbiasa bangun di pagi hari. 



1. Jeff Immelt, CEO General Electric.

Immelt bangun pada pukul 05.30 setiap hari dan mengawali aktivitasnya dengan latihan kardio (senam jantung sehat), membaca koran, dan menonton berita di CNBC. Dia mengklaim bisa bekerja 100 jam per pekan selama 24 tahun.

2. Ursula Burns, CEO Xerox.
Kepada Yahoo Finance, Burns menuturkan selalu bangun pukul 05.15 untuk membaca email dan sarapan sebelum berangkat ke kantor.

Kadang-kadang Burns kerja hingga tengah malam. Untuk menjaga kebugaran tubuhnya, Burns sering berolahraga. Bersama pelatihfitness pribadi, dia berolahraga pada pukul 06.00 dua kali sepekan. 

3. Sergio Marchionne, CEO Fiat dan Chrysler.
Marchionne harus membagi waktunya antara Turin, Italia, dan Auburn Hills, serta Mich. Jika sedang di Amerika Serikat, Marchionne selalu bangun pada pukul 03.30 untuk memantau perkembangan pasar Eropa.

Steve Rattner, bawahannya, menilai Marchionne telah menjadi pecandu kerja. "Saat hari libur di Itali, dia pergi ke Amerika untuk bekerja. Begitu pun sebaliknya, saat hari libur di Amerika Serikat, dia pergi ke Itali untuk bekerja. Dia menggunakan Sabtu dan Minggu untuk tetap bekerja." ujar Steve Rattner. 

4. Bill Gross, CEO PIMCO.
Gross harus memantau perkembangan pasar modal di seluruh dunia sepagi mungkin, karena perusahaannya menjalankan bisnis manajemen investasi terbesar di dunia. Gross terbiasa bangun pukul 04.30 untuk mengecek keadaan pasar modal, kemudian pergi ke kantor pukul 06.00.

5. Jack Dorsey, CEO Twitter dan Square.
Dorsey terbiasa bangun pukul 05.30 untuk bermeditasi dan jogging sejauh 6 mil. Dengan bangum pagi, Dorsey bisa meluangkan waktu untuk mengawal Twitter dan Square masing-masing 8 jam per hari.

6. Richard Branson, CEO Virgin Group.
Branson tinggal di pulau pribadinya dan selalu bangun pukul 05.45 setiap hari. Sorotan Matahari menjadi penanda waktu Branson untuk memulai aktivitas. Sebelum ke kantor, Branson selalu menyempatkan diri untuk berolahraga dan sarapan pagi.

7. Indra Nooyi, CEO PepsiCo.
Nooyi percaya bangun pagi akan membawa keberuntungan. Dia selalu bangun pukul 04.00. 

8. Dan Akerson, CEO General Motor.
Akerson selalu bangun pukul 04.30 atau 05.00. Dengan bangun pagi dia bisa menyapa semua GM Asia. Meskipun kadang Akerson harus bekerja sepanjang malam dan tidak tidur. Dia mengaku bahagia dan senang dengan pekerjaan yang digelutinya saat ini.

9. David Cush, CEO Virgin Amerika.
Cush memulai aktivitasnya pada pukul 04.15 untuk mengecek email, menelepon rekan bisnisnya, mendengarkan radio, kemudian berolahraga.

10. Tim Cook, CEO Apple.
Cook terbiasa bangun pukul 04.30 untuk mengecek email perusahaan dan miliknya. Pada pukul 05.00, ia mulai berolahraga dan pergi ke kantor. Cook mengaku sangat bangga jika bisa menjadi orang pertama yang datang ke kantor dan orang terakhir yang pulang.

Hayoo.... bagaimana dengan Anda, sudahkah rutin bangun pagi. Gaya hidup sangat mempengaruhi kesuksesan seseorang. Tuhan menyediakan rejeki dan sukses dimulai startnya di pagi-pagi hari. Bangun pagi, bersih diri, dan jangan lupa Sholat Subuh bagi orang yang beragama Islam. Semoga kita termasuk orang yang tidak menyia-nyiakan rejeki dan kesuksesan di pagi hari. Berikutnya adalah kebiasaan-kebiasaan di hari Senin supaya kita sukses.

Kebiasaan orang sukses di hari Senin pagi

Sukses bukan milik orang-orang pemalas !.. mungkin ungkapan ini benar adanya. Karena orang-orang sukses, hari-harinya pasti akan dipenuhi oleh segudang aktifitas. Berikut ini beberapa kebiasaan-kebiasaan baik orang-orang sukses yang wajib diikuti jika ingin menjadi sukses.


1. Menggunakan akhir pekan dengan efektif
Kebiasaan yang satu ini dilakukan oleh james Reinhart dari ThredUp.com. Menurutnya, kalian tak akan bisa mendapatkan hari Senin yang hebat jika akhir pekan kalian biasa-biasa saja, malas, dan bahkan tak kalian manfaatkan dengan baik. Akhir pekan adalah waktu untuk diri sendiri, waktu luang untuk berpikir, menyegarkan pikiran, dan bersantai. Di saat seperti ini biasanya orang justru menemukan ide cemerlang. Untuk itu, manfaatkan akhir pekan dengan efektif. Jika kalian masih bekerja di akhir pekan, kalian akan kehabisan tenaga untuk menyongsong hari Senin.

2. Buat rencana satu minggu ke depan
Kebiasaan ini dilakukan oleh Laura Vanderkam, seorang penulis buku. Kebanyakan orang benci hari Senin dan mereka berharap tak beranjak dari tempat tidur. Namun orang yang sukses bukanlah orang kebanyakan. Orang sukses adalah mereka yang sibuk dan bersemangat untuk mulai bekerja. Di awal minggu, yaitu hari Senin sempatkan diri untuk merencanakan apa yang akan kalian lakukan selama satu minggu. Setidaknya buat enam prioritas, satu untuk satu hari. Ini untuk menyemangati diri sendiri. Ketika kalian berhasil mencapai prioritas tersebut, kalian akan memiliki minggu yang hebat!

3. Bangun lebih awal
Kebiasaan ini dilakukan oleh Vittorio Colao dari Vodaphone. Colao memiliki kebiasaan bangun lebih pagi dan memulai harinya pada pukul enam pagi. Apa yang harus dilakukan? Itu terserah masing-masing orang. Namun bangun lebih pagi akan memberikan kalian semangat yang lebih serta start lebih awal dari mereka yang bangun lebih siang atau bahkan kesiangan. Bukankah pepatah mengatakan bahwa ayam yang bangun paling pagi adalah yang akan mendapatkan cacing.

4. Menjawab atau tidak menjawab e-mail
Yang satu ini bergantung pada prioritas pekerjaan kalian. Bagi kalian yang pekerjaannya sangat berkaitan dengan e-mail dan membutuhkan kecepatan, mengikuti kebiasaan Tim Cook dari Apple mungkin lebih cocok. Tim Cook mengecek e-mail pertama kali di hari Senin pagi. Ini untuk segera menjawab e-mail penting setelah tak mengeceknya selama akhir pekan. Jika tak segera dijawab, e-mail penting akan segera tertumpuk dengan e-mail baru dan membuat kalian kewalahan mengaturnya.

Sementara jika pekerjaan kalian tak terlalu berkaitan dengan e-mail, kalian bisa mengikuti kebiasaan David Karp dari Tumblr. Menurut Karp, kalian harus mendahulukan pekerjaan yang membutuhkan fokus paling tinggi di Senin pagi. Ini karena pikiran kalian masih jernih sehingga kalian bisa memberikan usaha terbaik untuk pekerjaan tersebut. E-mail bisa dilakukan di lain jam. Mengecek e-mail di jam pertama hari Senin hanya akan menguras tenaga dan mengalihkan fokus kalian.

5. Manfaatkan perjalanan
Beberapa orang berangkat ke kantor menggunakan transportasi umum. Ini memang tidak efektif, namun bisa dimanfaatkan. Menurut Tim Armstrong dari AOL, waktu yang kalian habiskan di perjalanan ke kantor tak harus sia-sia. Kalian bisa membuat rencana seminggu ke depan dalam pikiran kalian, atau mendengarkan radio dan membaca koran untuk mendapatkan informasi terbaru tentang bidang yang kalian tekuni.

6. Bersyukur
Toy Robbins dan guru spiritual lainnya mengajarkan kebiasaan bersyukur di hari Senin pagi. Kebanyakan orang berada dalam mood buruk di hari Senin pagi, namun orang sukses tak seperti itu. Mereka akan selalu bahagia dengan apa yang mereka lakukan, apa yang sudah mereka capai dan apa yang ingin mereka raih. Bahkan jika kalian belum sukses, tentunya ada banyak hal yang bisa kalian syukuri, salah satunya adalah pekerjaan yang kalian miliki dan yang terpenting adalah kesehatan yang membuat kalian masih bisa bekerja dengan baik. Ada banyak orang yang tak lebih beruntung dari kalian.

7. Berolahraga
Presiden Amerika Barack Obama menyarankan agar kalian memulai Senin pagi dengan berolahraga. Berolahraga di pagi hari Senin akan memberikan kalian semangat dan siap menjalani seminggu ke depan. Selain itu, endorfin yang didapatkan saat berolahraga akan membuat kepala lebih jernih dan menghilangkan stres yang kalian rasakan. Olahraga di hari Senin pagi dilakukan oleh Barack Obama dan George W Bush.

8. Dahulukan yang sulit
Mark Twain mengandaikan ini dengan "memakan kodok terlebih dahulu." Artinya adalah melakukan pekerjaan yang paling sulit di hari Senin pagi. Melakukan pekerjaan yang sulit akan membuat kalian lebih mudah menghadapi pekerjaan selanjutnya dan menjalani hari-hari dengan lebih bersemangat. Sementara menunda pekerjaan sulit akan membuat kalian merasa was-was di hari selanjutnya karena memikirkan pekerjaan yang cukup besar.

9. Mulai dengan meja bersih 

Terkadang hal yang kecil bisa memberikan dampak yang besar. Inilah yang dipercayai oleh Alexandra Levit, penulis buku Blind Spot. Menurutnya, baik orang yang memiliki pikiran kreatif atau tidak memerlukan meja yang rapi. Saat hari terakhir bekerja di akhir pekan sebaiknya luangkan waktu untuk membersihkan meja kerja sebelum pulang. Kalian akan melihat meja yang rapi di hari Senin pagi. Menandakan awal yang baru, segar, dan bersemangat!

Itulah beberapa kebiasaan yang dilakukan oleh orang sukses di hari Senin pagi mereka. Coba ikuti saran mereka dan buktikan sendiri, apakah kesuksesan mereka juga akan menular pada kalian!

Referensi bacaan:
http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/469235-bangun-pagi--rahasia-sukses-para-ceo-dunia
http://teknosian.blogspot.com/2013/10/9-kebiasaan-orang-sukses-di-hari-senin.html

Get free daily email updates!

Follow us!


Ditulis Oleh: Rochimudin Indonesia ~ Untuk Pendidikan Indonesia

Artikel Bangun Pagi, Sebuah Rahasia Sukses Semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar baik FB comment maupun comment di blog. Sebaiknya berikan comment selain di FB comment agar cepat teridentifikasi.

Artikel Berkaitan:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berlangganan

//