News

Latest Post
Loading...
“Tiga syarat menghadapi tantangan global; perkuat kemandirian bangsa, tingkatkan daya saing, dan miliki peradaban bangsa yang mulia”. (Susilo Bambang Yudhoyono)

Sabtu, 06 September 2014

Tips Bahagia Sepanjang Hari

Rochimudin | Sabtu, 06 September 2014 | 22.25 |
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Science America mengatakan bahwa "jam bahagia" adalah pada pagi hari, saat mata baru saja terbuka dari lelapnya malam. Ini didapat dari analisis kepada setengah miliar pesan Twitter di seluruh dunia.

Penelitian yang dilakukan oleh Cornell University ini menemukan bahwa orang akan merasa bahagia saat mereka bangun tidur, tapi semangat akan cenderung turun di jam-jam berikutnya. Penelitian itu pun menunjukkan bahwa pola tidur dan ritme sirkadian memiliki pengaruh besar terhadap suasana hati seseorang.

Tapi, bukan berarti Anda tidak bisa bahagia sepanjang hari. Dilansir Women's Health Mag. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar rasa bahagia terus muncul hingga Anda kembali terlelap.

09:00 : Segarkan tubuh dengan secangkir teh

Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition mengatakan bahwa orang yang minum empat cangkir atau lebih teh hijau per hari, akan menurunkan risiko mengalami depresi hingga 44 persen.

Para peneliti percaya bahwa asam amino theanine yang ditemukan dalam teh hijau dapat mengurangi gejala kecemasan dan merangsang produksi gelombang otak yang dikenal sebagai gelombang alpha, yang membuat orang merasa santai. Ini juga yang mengubah kadar serotonin dan dopamine di otak, sehingga seseorang terus merasa bahagia.

11:00 : Duduk tegak

Jika pekerjaan sudah mulai terasa penat, cobalah duduk lebih tegak. Ini dapat membantu postur tubuh dan suasana hati tetap terjaga. Sebuah penelitian di Ohio State University menemukan bahwa postur tubuh mempengaruhi kemampuan seseorang dalam menghasilkan pikiran positif dan negatif.

Para peneliti menemukan bahwa peserta yang membungkuk, lebih rentan terhadap stres. Jadi, pastikan posisi punggung tetap lurus dengan sandaran kursi yang tegak. Ini akan menyelaraskan tulang belakang, dan membuat Anda merasa bahagia dan tersenyum.

13:00 : Olahraga

Olahraga memberikan banyak manfaat, mulai dari otot yang lebih kuat, jantung sehat, lingkar pinggang ramping dan perasaan bahagia. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Penn State University mengungkap bahwa orang yang aktif secara fisik akan memiliki perasaan lebih gembira dan antusias dibanding mereka yang kurang aktif.

Ini karena, olahraga meningkatkan norepinefrin, serotonin dan dopamin yang membuat orang merasa bahagia. Peneliti menemukan, olahraga selama 20 menit akan meningkatkan suasana hati hingga 12 jam.

18:00 : Hirup udara segar

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Epidemiologi and Community Health mengatakan bahwa semakin Anda dekat dengan alam maka Anda akan merasa sehat dan lebih bahagia. Selain itu, ditemukan bahwa orang yang tinggal di lingkungan perkotaan lebih cenderung mengalami gangguan kecemasan dan depresi.

Tinggal di kota? Jangan khawatir, para peneliti mengatakan bahwa joging di taman atau area hijau dapat membantu Anda mengurangi stres dan cemas.

21:00 : Menulis Apa saja hal-hal yang membuat Anda bahagia hari ini? Tulis setidaknya tiga hal yang membuat perasaan Anda bahagia. Ini akan memaksa Anda mengakui bahwa hal-hal baik selalu terjadi setiap hari. Jangan lupa untuk mem-posting tiga hal tersebut di media sosial untuk membagi kebahagiaan Anda pada teman-teman.
Bagaimana teman-teman, mari kita coba dan syukuri apa yang telah Tuhan berikan kepada kita. Amin

Sumber:
life.viva.co.id

Get free daily email updates!

Follow us!


Ditulis Oleh: Rochimudin ~ Untuk Pendidikan Indonesia

Artikel Tips Bahagia Sepanjang Hari Semoga bermanfaat. Terimakasih atas kunjungan dan kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar baik FB comment maupun comment di blog. Sebaiknya berikan comment selain di FB comment agar cepat teridentifikasi.

Artikel Berkaitan:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berlangganan

//