Pernahkan Anda sebagai peserta didik merasa bosan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah? Apakah karena gurunya tidak menarik ataukah media pembelajarannya yang itu-itu saja?
Pembelajaran yang menyenangkan dan pembudayaan literasi merupakan pekerjaan rumah yang besar terutama bagi guru dan praktisi pendidikan lainnya. Untuk membangun pembelajaran menyenangkan dibutuhkan alat bantu dan bahan yang perlu diracik secara kreatif untuk disajikan di kelas ataupun diberikan kepada peserta didik. Di era revolusi industri 4.0, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan berbagai kemajuan digitalnya sudah menjadi kebutuhan sehari-hari bagi peserta didik Gen Z. Oleh karena itu, smart flipbook hadir sebagai alat bantu (supporting tool) untuk membangun pembelajaran yang menyenangkan dan berbudaya literasi.
Latar Belakang
Teknologi telah mengubah banyak hal dalam kehidupan manusia. Dampak perubahan tersebut diantaranya kemudahan dan kecepatan dalam pemenuhan kebutuhan hidup. Meskipun demikian terdapat dampak negatif yang harus dicegah karena melemahkan budaya dan moral. Dibidang pendidikan teknologi merupakan sarana atau alat bantu untuk mendukung pencapaian tujuan pendidikan. Lebih khusus lagi untuk memudahkan dan mempercepat pencapaian capaian dan tujuan pembelajaran.
Sebagian besar peserta didik pada jenjang pendidikan menengah (SMA/MA/SMK/MAK) sudah memiliki gawai yang dapat terhubung internet. Sebagai contoh di SMA Negeri 9 Semarang, persentase kempemilikan gawai (handphone) oleh peserta didik sejumlah 99% dan terhubung dengan internet (Survey data kesiswaan 2023). Pada tingkat nasional, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) sebagaimana dikutip dari Nabilah Muhammad (2024), sejumlah 94,16% anak muda Indonesia berusia 16-30 tahun pernah mengakses internet dalam tiga bulan terakhir (Maret 2023). Akses internat yang banyak dibuka yaitu media sosial (84,37%), berita (84,28%) dan hiburan (83,78%). Selengkapnya lihat data berikut.
Kesan terhadap Pendidikan Pancasila sebagai mata pelajaran yang disampaikan secara membosankan masih sering terdengar dari kalangan peserta didik. Ukuran membosankan dapat dilihat dari proses maupun media pembelajarannya. Seiring dengan perubahan zaman dan perkembangan peserta didik, hal itu menjadi kritik konstruktif yang membangun. Kita tentu masih ingat pesan dari Ali bin Abu Thalib, "Didiklah anakmu sesuai dengan zamannya, karena mereka hidup pada zamannya bukan zamanmu".
Berdasarkan latar belakang di atas, penulis berinovasi untuk membuat media yang berisi bahan ajar yang memadukan antara informasi dan hiburan dengan harapan berkontribusi untuk kemajuan pendidikan. Media yang menggabungkan konten atau materi pembelajaran, informasi atau berita, hiburan, dan interaksi media sosial akan menghilangkan kebosanan peserta didik dalam belajar.
Smart Flipbook
Tantangan membuat media bahan ajar yang menarik untuk mencegah kebosanan adalah tugas guru. Apalagi penulis sebagai pendidik mata pelajaran Pendidikan Pancasila harus bereksplorasi dan bereksperimen menyusun media pembelajaran yang menantang bagi siswa. Ole hkarena itu, penulis membuat smart flipbook yang menggabungkan beberapa kemajuan teknologi informasi dan komunikasi antara lain perangkat lunak (software) dan aplikasi digital internet. Tujuannya adalah agar peserta didik mampu menguasai capaian dan tujuan pembelajaran melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila yang menyenangkan khususnya elemen Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada materi menganalisis bentuk negara, bentuk dan sistem pemerintahan, serta ancaman terhadap negara.
![]() |
Bagan penggunaan flipbook dalam pembelajaran. (Dok. Penulis). |
Smart flipbook dapat digunakan sebagai media pembelajaran di kelas dengan berbagai macam metode pembelajaran yang sesuai. Guru dapat menayangkan melalui LCD dan atau dibagikan (share) kepada peserta didik untuk diakses melalui gawainya masing-masing. Selain itu juga dapat menjadi pendamping buku teks untuk belajar secara mandiri.
Contoh sebagian game edukasi dalam https://macan-nkri.netlify.app/ (Dok. Penulis)
Contoh asesmen awal melalui aplikasi dalam https://macan-nkri.netlify.app/ (Dok. Penulis)
Silahkan dicoba game tersebut. Untuk lebih lengkap dan mempelajari materinya, pembaca dapat mengklik link berikut: https://benegara.netlify.app/ dan macan NKRI yaitu https://macan-nkri.netlify.app/.
Pembelajaran menyenangkan merupakan tuntutan perubahan zaman sekaligus kebutuhan peserta didik yang menjadi tugas pendidik untuk mewujudkannya. Apabila pembelajaran tidak menyenangkan akan berbanding terbalik menjadi membosankan sehingga menjadikan sebagian besar peserta didik menjadi pasif, tidak respek bahkan tertidur. Pembelajaran menyenangkan menurut Djamarah (2010) adalah pembelajaran yang didisain sedemikian rupa sehingga memberikan suasana penuh keceriaan dan yang paling utama tidak membosankan. Untuk mewujudkannya diperlukan pola hubungan yang baik antara guru dengan peserta didik dalam proses pembelajarannya.
Pembelajaran menyenangkan memberikan peserta didik sebuah tantangan dan peluang untuk belajar dengan berpikir kritis, kreatif dalam mengeksplorasi konten materi dan percaya diri. Meskipun demikian pembelajaran menyenangkan harus bermakna artinya bermanfaat dan dapat dikuasai oleh peserta didik melalui tujuan pembelajaran yang diharapkan baik ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan.
Selain sebagai media pembelajaran, smart flipbook juga berfungsi sebagai media literasi digital kategori budaya dan kewargaan. Menurut Panduan Gerakan Literasi Nasional (Kemdikbud,2017), dimensi literasi meliputi baca tulis, numerasi, sains, digital, finansial, dan budaya dan kewargaan. Literasi kewargaan adalah kemampuan dan keterampilan dalam memahami dan melaksanakan hak dan kewajiban sebagai warga negara. Jadi tujuan literasi kewargaan yang diharapkan dari smart flipbook ini adalah membangun kesadaran sebagai warga negara yang baik yang mengenal negaranya.
Adapun manfaat smart flipbook untuk pembelajaran sebagai berikut.
1. Sarana untuk menyampaikan materi pembelejaran secara ringkas
Dengan membuat infografis atau poin-poin materi inti menjadikan lembaran flipbook disajikan secara menarik dan ringkas. Meskipun demikian dapat juga dicantumkan link internet untuk mencari sumber belajar di internet dengan mengklik tautannya.
2. Meningkatkan motivasi dan minat belajar
Motivasi belajar peserta didik meningkat karena tertantang untuk menggunakan gawainya untuk mengaksesnya dan mengerjakan beragam kuiz serta bermain game di dalamnya. Tampilan yang atraktif dan menarik akan menarik minat dan memikat peserta didik untuk belajar.
3. Mudah diakses menggunakan gawai ataupun komputer
Produk smart flipbook dihasilkan dalam bentuk html5 yang kemudian menjadi alamat website sehingga mudah untuk diakses dan tidak rakus memakan banyak memori pada gawai. Lembaran-lembaran halaman flipbook dibuka dengan menggeser atau mengkliknya saja ke depan ataupun ke belakang halaman.
4. Meningkatkan hasil belajar
Dengan mengakses materi dan soal dalam berbagai bentuk misalnya infografis, video, dan kuiz interaktif maka hasil belajar peserta didik akan meningkat. Pemahaman terhadap suatu materi akan meningkat sebab tidak hanya membaca namun telah disajikan materi secara kontekstual atau kekinian.
Simpulan
Referensi
Djamarah, Syaiful Bahri Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Kemdikbud. 2017. Panduan Gerakan Literasi Nasional. Jakarta: Kemdikbud.
Nabilah Muhammad. 2024. Mayoritas Anak Muda Indonesia Gunakan Internet untuk Media Sosial. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2024/01/11/mayoritas-anak-muda-indonesia-gunakan-internet-untuk-media-sosial Diakses 22 April 2024.
Smart book menarik dan bisa membantu lebih memahami materi
BalasHapusmaterinya sangat mudah dipahami
BalasHapusasikk, banyak game nya
BalasHapussangat menarik, bisa membantu memahami materi, games games sangat menarik yang sangat membantu dalam pembelajaran
BalasHapussangat mudah di pahami 👏
BalasHapusNyaman banget sama smart flipbook,cuma kadang agak ngeframe
BalasHapuskeren dan mudah dipahami
BalasHapusasik, materinya lebih mudah di pahami
BalasHapusMateri yang menggunakan Smart FlipBook sangat menyenangkan!
BalasHapussungguh smart flip book ini menyenangkan aku jadi ingin membacanya setiap hari
BalasHapusmenyenangkan, mudah dipahami, penjelasannya padat dan jelas
BalasHapusmateri nya sangat membantu dan mudah di pahami
BalasHapusmedia pembelajaran yang kreatif dan menarik. mudah dipahami, karena ada fitur speech, dan game
BalasHapusMenarik.
BalasHapusKeren, mudah dipahami dan asik
BalasHapussmartbooks sangat revolusioner! desainnya yang ringkas dan terdapat di internet membuatnya mudah dibawa ke mana-mana, sementara kemampuannya yang serbaguna membuatnya menjadi alat yang sangat berguna dalam meningkatkan produktivitas sehari hari. dengan layar yang jernih dan daya tahan baterai dari perangkat yang luar biasa, smartbooks memungkinkan pengguna untuk tetap terhubung dan produktif sepanjang hari tanpa khawatir akan disulitkan oleh tata cara penggunaan buku buku pada umumnya yang berat dan sulit dibawa kemana mana. interface yang intuitif dan kemampuan untuk menjalankan aplikasi yang beragam membuatnya menjadi pilihan yang sempurna untuk pekerjaan, belajar, dan hiburan. dengan
BalasHapussmartbooks, masa depan produktivitas selalu berada di ujung jari
Terimakasih atas ulasannya, semoga dapat membantu kalian semua dalam belajar.
Hapusdengan flipbook saya dapat belajar mandiri dan sangat dibantu dengan fitur AI dan games yang tersedia
HapusAsik,materi lebih mudah di pahami dan banyak game seru
BalasHapusSmart Flipbook merupakan solusi pembelajaran yang menarik,memungkinkan pelajar untuk belajar secara efektif dan menarik.
BalasHapusSmart flipbook membawa pembelajaran ke level baru dengan menyajikan materi dalam berbagai format yang menarik, seperti infografis, video, dan game. Ini tidak hanya membuat pembelajaran lebih menyenangkan, tetapi juga meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta. Dengan menggunakan teknologi ini, pendidikan menjadi lebih inklusif dan efektif.
BalasHapusArtikelnya keren banget! Ide smart flipbook buat belajar emang kreatif banget dan bisa bikin belajar jadi seru. Tapi, mungkin bisa lebih gampang dimengerti lagi, misalnya dengan kasih contoh gimana guru bisa pakai flipbook ini di kelas dengan lebih detail. Terus, tambahin juga tips-tips buat guru supaya bisa sukses pakai teknologi ini. Overall, ide dan konsepnya oke banget buat bantu siswa belajar lebih asik!
BalasHapusMenarik.
BalasHapusPembelajarannya mudah di mengerti
BalasHapusAsik lebih menarik dalam pembelajaran
BalasHapuskeren dan unik, sgt AI sekali uhuy 💯💯
BalasHapus⭐⭐⭐⭐⭐
BalasHapussangat bagus dan menarik sekali 👍🏻👍🏻👍🏻, tetap semangat, dan berserah pada tuhan
BalasHapuswow, ini menarik banget dan memudahkan untuk belajar sih
BalasHapusAsik kalau belajar seperti ini, pelajaran menyenangkan dan bisa masuk
BalasHapusMedia pembelajaran yang menarik ada permainan nya juga
BalasHapusMudah dipahami dan tampilannya menarikk
BalasHapusbelajar menggunakan flip book sangat menyenangkan, apalagi ada game game yang sangat unik sehingga tidak membuat pelajaran menjadi membosankan.
BalasHapusini adalah salah satu media pembelajaran yang sangat menarik dan asik
tampilannya sistematis dan menarik
BalasHapussangat bermanfaat mudah dimengerti
BalasHapusMetode flipbook seperti ini sangat membantu dalam memahami materi. Dengan berbai fitur yang relevan, akan memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan
BalasHapusBermanfaat,menarik
BalasHapus