News

Latest Post
Loading...
“Tiga syarat menghadapi tantangan global; perkuat kemandirian bangsa, tingkatkan daya saing, dan miliki peradaban bangsa yang mulia”. (Susilo Bambang Yudhoyono)

Kamis, 08 Oktober 2015

Fun Rafting di Kali Elo

Rochimudin | Kamis, 08 Oktober 2015 | 13.22 |

Bersiap untuk rafting di Kampung Ulu
Rafting atau arung jeram, ya .... olahraga ini mengadu dan memacu adrenalin, menguras emosi dan kekompakan tim. Acara fun rafting yang dihelat Smapala (SMA 5 Pecinta Alam) tanggal 25 November 2013 ini diikuti 29 peserta. Peserta dibagi menjadi 6 boat atau kapal. Setelah transit di embarkasi rafting Kampung Ulu Magelang, peserta menuju starting point di sungai elo (elo river). Semuanya telah siap dan melakukan pemanasan.

Untunglah jam 10.00 WIB cuaca cerah agak berawan sehingga perjalanan menyusuri sungai tidaklah panas. 29 peserta siap semua terjun ke sungai dan ber-rafting menyusuri sungai dengan panjang 13 km. Bayangkan, nantinya perlu waktu 3 jam santai untuk menikmatinya. Asyik bro

Tibalah menyusuri sungai Elo yang airnya masih alami, artinya tidak ada pencemaran atau polusi di sungai. Sejak dari start, medannya sudah terbayang: banyak jeram, batu-batu besar di sungai, kedalaman sungai, tebing tinggi, dan sebagainya. Waduh, adrenalin musti siap nih. 

Setelah pemanasan siap terjun ke air.

Kita menikmati hijaunya pepohonan dan banyaknya air terjun di bibir sungai, suara alami alam masih nyaring terdengar, penduduk lokal memancing ikan, dan masih banyak lagi. Kehidupan pinggir kali beserta penduduknya yang sebagian mencari ikan dengan berbagai cara seperti memancing, anco, seser, dan sebagainya. Raut kegembiraan apabila kail memperoleh ikan.

Ternyata di tengah perjalanan sungai kami berjumpa dengan beberapa boat dari berbagai rombongan rafting seperti dari Wonosobo, Yogya, Kab. Semarang, dan sebagainya. Akhirnya selain nambah teman juga nantinya asyik untuk perang-perangan air. Kadang kami balapan boat, saling memepet, dan bercanda. Suasana makin asyik.

Berikutnya saatnya taantangan!!! Boat harus memilih jalanan air yang enak / datar dan penuh tantangan. Sesekali dengan arus yang deras kapal menabrak batu tebing yang tinggi. Lalu dengan tenaga yang kuat didayung menghindari batu-batu besar yang menjulang ke langit.
Atraksi rafting yang mendebarkan.

Batu-batu itu musti ditaklukan agar boat tidak bolak-balik nabrak, so, dayungan kudu kuat. Ya kayak gaya Dji Sam Su gitu. Sesekali boat oleng dan perlu kekompakan tim agar tidak terbalik. Sempat boat hampir terbalik dan air menggenangi boat. Seorang kawan kami juga terlempar ke dalam kali sehingga gelagepan mau tenggelam, untungnya pelampung dipasang kuat, jadi cuma mengapung, malah asyik tak mau diangkat ke boat. Wah percuma nolong.....

Sampai jumpa di rafting kali progo yang lebih menantang juga karena sudah lulus di kali Elo.

Yang seru adalah ketika perang kapal, ada aksi saling lempar air dan tabrakan kapal. Ya kayak adegan film pirates garibean gitu. Boat yang ditabrak kalau bisa dijungkirkan agar seluruh penumpang tenggelam. Wah seru ini karena melibatkan tim lain juga selain Smapala. Setelah setengah perjalanan kami singgah di rest area dulu. Agendanya minum kelapa muda dan snack penambah kekuatan mendayung. Istirahat selama setengah jam. Setelah istirahat perjalanan dilanjutkan ke finishing point selama satu jam.

Selama ke sana lebar sungai menyempit dan medannya naik turun. Dan sampailah di finish. Alhamdulillah semua selamat dan sehat. 

Bagi anda yang akan mengikuti rafting, alangkah baiknya membaca tips rafting yang kami dapatkan dari pemandu yaitu:

  • 1. Berdo'a dan pastikan kondisi badan atau jasmani sehat. Hal ini penting sebab daya tahan tubuh sangat dibutuhkan. Disamping itu selama perjalanan rafting tidak boleh turun kecuali rest area resmi.
  • 2. Memakai pakaian yang tidak mudah menyerap air supaya suhu badan tidak mudah turun apabila basah dan turun di air.
  • 3. Pakai dan gunakan perlengkapan resmi yang ada.Perlengkapan ini biasanya sudah satu paket dengan peminjaman boat. Pakailah helm dan pelampung dengan baik sesuai standar untuk keselamatan. Atur kelonggaran dan kekuatan tali helm dan pelampung agar nyaman.
  • 4. Lakukan pemanasan terlebih dahulu supaya badan kita lebih siap. Hal ini akan menghindarkan kita dari kram, anggota badan yang kaku, dan sebagainya.
  • 5. Atur posisi duduk di pinggir boat, jangan di tengah. Atur keseimbangan agar kapal stabil dan tidak oleng. Posisi duduk ini biasanya akan diatur oleh pemandu dan disesuaikan dengan berat badan.
  • 6. Teknik mendayung. Gunakan teknik mendayung yang baik sesuai dengan tempat dimana anda duduk. Kekompakan penting untuk mengatur cepat tidaknya kapal. 
  • 7. Jika anda terjatuh dari kapal atau kapal terbalik maka janganlah panik sebab anda telah memakai jaket pelampung yang tidak akan membuat anda tenggelam. Apabila posisi tenang maka akan mengapung dengan stabil. Apabila anda dapat berenang maka dapat menuju ke kapal dengan pelan-pelan.
  • 8. Setelah selesai berdo'a. Kemudian turunlah dengan pelan, apabila anda sudah turun bantulah teman anda yang hendak turun dengan memegangi kapal atau orangnya sebab dengan semakin berkurangnya beban di kapal maka kapal akan tidak stabil dan mudah hanyut.

Demikian tips yang dapat kami berikan, selamat berarung jeram dan raihlah kepuasan, kekompakan dan kemerdekaan berekspresi sesuai hobi dan kebutuhan tim. Jangan lupa kehati-hatian tetap penting.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berlangganan

//