News

Latest Post
Loading...
“Tiga syarat menghadapi tantangan global; perkuat kemandirian bangsa, tingkatkan daya saing, dan miliki peradaban bangsa yang mulia”. (Susilo Bambang Yudhoyono)

Sabtu, 20 September 2014

Pemanfaatan TIK harus Ingat Waktu

Rochimudin Indonesia | Sabtu, 20 September 2014 | 12.17 |
Ngeblog adalah aktivitas yang dapat menjadi hoby, baik hoby menulis, belajar html atau css, belajar script, maupun desain website/blog. Hoby ini apabila ditekuni akan bermanfaat namun membutuhkan waktu yang banyak atau lama. Sebenarnya hoby ini juga secara tidak langsung ataupun langsung mengasah kemampuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Hobi ini dapat menjadi positif apabila disertai dengan landasan nilai-nilai religi yang kuat sehingga tulisan atau konten dan desain yang dihasilkan sejalan dengan nilai-nilai agama. 

http://edukasiyana.blogspot.com/2014/09/pemanfaatan-tik-harus-ingat-waktu.html
Surat Al Ashr ayat 1-3 (dok gbr: ensiklopebanten.wordpress.com)

Mempelajari TIK secara praktik memang ada bedanya dengan belajar ilmu yang lain terutama yang bersifat teori. Belajar TIK secara teori dapat melalui buku ataupun membaca artikel dengan search di internet. Nah, apabila sudah menemukan materi yang diinginkan maka tinggal mempraktikannya. Ketika mempraktikan ini sering terjadi uji coba atau trial and error. Hal ini wajar sebab hasil yang terbaik biasanya dimulai dari kesalahan bahkan mungkin kegagalan. Serangkaian uji coba ini tentunya membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

TIK ibarat pedang bermata dua. Apabila dikuasai, diterapkan dan diamalkan dengan baik sesuai nilai-nilai agama (Islam) insya Alloh hasilnya positif dan insya Alloh berkah. Kita beramal dapat dengan memberikan atau menyumbangkan hasil dari olah TIK seperti desain, widget, tulisan, video, presentasi, dan sebagainya. Belum lagi tulisan atau arkikel yang mengajak kepada kebaikan agama dalam rangka hubungan baik dengan manusia, lingkungan, bangsa dan negara, serta hubungan dengan Alloh SWT. 

Kesimpulannya, ngeblog dan pemanfaatan TIK dapat mendatangkan manfaat apabila diterapkan dengan berdasarkan nilai-nilai Islam. Apabila tidak berdasarkan nilai-nilai maka dapat membawa mudharat bagi pembaca juga umat. Dan ini dapat berlangsung lama apabila konten yang negatif tidak segera dihilangkan dari dunia maya. 

Oleh karena itu, bagi orang Muslim ingatlah surat Al Ashr ayat 1-3. Mari kita berusaha amalkan dengan baik sejalan dengan nilai-nilai agama Islam. Semoga dapat mendatangkan manfaat, sebesar-besar manfaat bagi sesama umat, umat, dan masyarakat. Amin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan

//