News

Latest Post
Loading...
“Tiga syarat menghadapi tantangan global; perkuat kemandirian bangsa, tingkatkan daya saing, dan miliki peradaban bangsa yang mulia”. (Susilo Bambang Yudhoyono)

Minggu, 07 Juni 2015

UT untuk Semua

Rochimudin | Minggu, 07 Juni 2015 | 02.01 |

Universitas Terbuka (UT) adalah Perguruan Tinggi Negeri ke-45 di Indonesia yang diresmikan pada tanggal 4 September 1984, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 41 tahun 1984. Terbuka artinya menerapkan sistem belajar terbuka dan jarak jauh. Sekarang UT memasuki tahun ke 31 dalam pengabdiannya pada negeri dan di usia 31 tahun, UT memiliki harapan dapat membangun pagar bangsa. Bagaimanakah UT membangun pagar bangsa untuk menghasilkan lulusan berkualitas dengan jiwa persatuan?

Apakah para sahabat edukasi ingin tahu lebih banyak? Atau bercita-cita masuk UT? Atau ada teman mau masuk kuliah di UT? Sebaiknya baca selengkapnya tanya jawab berikut ini mengenai UT:
UT memiliki 4 Fakultas, yaitu Fakultas Ekonomi (FEKON), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan satu Program Pascasarjana. Pada tahun 2015 UT menyelenggarakan 34 program studi yang terdiri dari 28 Program Sarjana Non Pendas (25 Program Sarjana dan 3 Program Diploma), 2 Program Sarjana Pendas, dan 4 Program Magister. Nah ..... keren kan ..... Tinggal pilih mau masuk yang mana .......

Pada tahun 2021, UT menjadi institusi PTTJJ berkualitas dunia dalam menghasilkan lulusan pendidikan tinggi yang memiliki daya saing tinggi serta dalam mengembangkan teori dan praktek PTTJJ. (Yang jelas dengan pembelajaran jarak jauh, institusi siap menjadi World Class dan lulusannya berkualitas).

Untuk mencapai visi, misi UT yaitu:
  1. Menyediakan akses pendidikan tinggi yang berkualitas dunia bagi semua lapisan masyarakat melalui penyelenggaraan berbagai program PTTJJ untuk menghasilkan lulusan yang berdaya saing tinggi. 
  2. Mengkaji dan mengembangkan sistem PTTJJ. 
  3. Memanfaatkan dan mendiseminasikan hasil kajian keilmuan dan kelembagaan untuk menjawab tantangan kebutuhan pembangunan nasional. 
  4. Misi UT senantiasa menjiwai kampus dan civitas akademika dalam meraih visi dan cita-citanya. 
Misi mulia akan tercapai dengan kerja sama yang kompak segenap civitas academica UT dan tentunya dukungan dan do'a para sahabat edukasi semua. Ayo kita dukung ...... Yang baru lulus siswa kelas XII SMA/SMK, ini layak menjadi pilihan ......

  1. Menyediakan akses pendidikan tinggi yang berkualitas dunia bagi seluruh lapisan masyarakat melalui penyelenggaraan berbagai program PTTJJ. 
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi akademik dan/atau profesional yang mampu bersaing secara global. 
  3. Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pendidikan berkelanjutan guna mewujudkan masyarakat berbasis pengetahuan (knowledge-based society). 
  4. Menghasilkan produk-produk akademik dalam bidang PJJ, khususnya PTTJJ, dan bidang keilmuan lainnya. 
  5. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengembangan sistem PJJ, khususnya PTTJJ. 
  6. Memanfaatkan dan mendiseminasikan hasil kajian keilmuan dan kelembagaan untuk menjawab tantangan kebutuhan pembangunan nasional. 
  7. Memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa melalui pelayanan pendidikan tinggi secara luas dan merata. 
  8. Meningkatkan pemahaman lintas budaya dan jaringan kerja sama melalui kemitraan pendidikan pada tingkat lokal, nasional, dan global. 
Wah .... komplit tenan tujuannya. Tenang wahai sahabat edukasi, semua itu untuk lulusan yang berkualitas dan pemeblajaran yang lebih baik.


Pembelajaran jarak jauh bukannya pergi ke pulau-pulau di Indonesia. Juga bukan kuliah di Jakarta - kampung halaman PP. Sistem belajar jarak jauh dan terbuka yaitu pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non-cetak (audio/video, komputer/internet, siaran radio, dan televisi). Makna terbuka adalah tidak ada pembatasan usia, tahun ijazah, masa belajar, waktu registrasi, dan frekuensi mengikuti ujian. Batasan yang ada hanyalah bahwa setiap mahasiswa UT harus sudah menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat) untuk Program Sarjana dan Diploma.

Nah, jelas kan. Jadi bukan terbuka dalam arti kuliah di alam terbuka atau gedung yang nggak ada atapnya. 


Mahasiswa UT diharapkan dapat belajar secara mandiri. Cara belajar mandiri menghendaki mahasiswa untuk belajar atas prakarsa atau inisiatif sendiri. Belajar mandiri dapat dilakukan secara sendiri ataupun berkelompok, baik dalam kelompok belajar maupun dalam kelompok tutorial. UT menyediakan bahan ajar yang dirancang untuk dapat dipelajari secara mandiri. Selain menggunakan bahan ajar yang disediakan oleh UT, mahasiswa juga dapat mengambil inisiatif untuk memanfaatkan bahan bacaan lain diperpustakaan mengikuti tutorial, baik secara tatap muka maupun melalui internet, radio, dan televisi; serta memanfaatkan sumber belajar lain seperti bahan ajar berbantuan komputer dan program audio/video. Apabila mengalami kesulitan belajar, mahasiswa dapat meminta informasi tentang bantuan belajar kepada Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) setempat.
Belajar mandiri dalam banyak hal ditentukan oleh kemampuan belajar secara efektif. Kemampuan belajar bergantung pada kecepatan membaca dan kemampuan memahami isi bacaan. Untuk dapat belajar mandiri secara efektif, mahasiswa UT dituntut memiliki disiplin diri, inisiatif, dan motivasi belajar yang kuat. Mahasiswa juga dituntut untuk dapat mengatur waktunya dengan efisien, sehingga dapat belajar secara teratur berdasarkan jadwal belajar yang ditentukan sendiri. Oleh karena itu, agar dapat berhasil belajar di UT, calon mahasiswa harus siap untuk belajar secara mandiri.

Belajar mandiri itu lebih mudah loo, bisa sambil ngemil, nonton tv, tidak harus duduk. intinya santai tapi serius. Ini uniknya UT. 


Dalam rangka menyelenggarakan layanan pendidikan secara optimal kepada mahasiswa, UT bekerja sama dengan instansi lain seperti Bank BRI, Bank BTN, Bank Mandiri, TV-Edukasi, Sky LBS TV, Radio Republik Indonesia (RRI), Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD), Radio Siaran Swasta, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, Konsulat Jenderal/KBRI, Perpustakaan Nasional RI dan Perpustakaan Daerah, Arsip Nasional, Koperasi Karunika, Garuda Indonesia, dan PT Pos Indonesia.

Disamping itu, UT juga bekerja sama dengan instansi-instansi lain yang bermaksud meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui berbagai program yang ditawarkan UT, seperti ANRI, BKN, Bank Danamon, Pemerintah Kota/Kabupaten, Pondok Pesantren, Kowani, dan POLRI.




Di http://www.ut.ac.id berisi informasi lengkap. Coba sahabat edukasi buka, tampilannya OK dan dapat dibuka dengan perangkat apapun seperti tablet, hp, laptop. Berikut tampilannya:






Semarang juga ada kampus UT looo yaitu di Jl. Raya Semarang-Kendal Km. 14,5, Mangkang Wetan, Semarang Telp. 024-8666044 Faks. 024-8666045 E-mail: ut-semarang@ut.ac.id Untuk kontak lengkap seluruh UT klik disini ya: http://www.ut.ac.id/kontak.html




Website UT menyediakan portal toko buku online, jadi bisa pesen disini, kalau nggak percaya ini websitenya: http://tbo.karunika.co.id. Apabila sahabat edukasi mau ke perpus juga tersedia. Nah belajar menjadi lebih mudah kan ....

Demikian tanya jawab untuk para sahabat edukasi, apabila ada pertanyaan lagi silahkan tulis di kotak komentar blog atau kotak komen facebook. UT layak menjadi pilihan kuliah bagi Anda lulusan SLTA atau Anda yang sudah Sarjana. Belajar menjadi lebih mudah dan punya kesempatan di Universitas Terbuka. Selamat HUT UT ke 31, mari kita dukung komitmen dan harapan UT

Melalui kemudahan akses pendidikan dari berbagai penjuru tanah air, UT berkomitmen untuk mempererat persatuan dan kesatuan bangsa sehingga UT dapat memagari bangsa dari pengaruh negatif budaya asing.

Seiring dengan kemajuan global dan tantangan bangsa Indonesia kedepan dengan melihat potensi ancaman pada bangsa dan negara, maka adalah saat terbaik bagi UT untuk mengambil peran yaitu menjaga bangsa merawat negeri. Terima kasih.

Referensi bacaan: http://www.ut.ac.id

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba blog dari Universitas Terbuka dalam rangka memperingati HUT Universitas Terbuka ke-31. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

#Lomba Blog Dies Natalis Universitas Terbuka ke-31

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berlangganan

//