News

Latest Post
Loading...
“Tiga syarat menghadapi tantangan global; perkuat kemandirian bangsa, tingkatkan daya saing, dan miliki peradaban bangsa yang mulia”. (Susilo Bambang Yudhoyono)

Senin, 29 September 2014

Peran TIK untuk Meningkatkan Fungsi Dakwah & Pendidikan di Pesantren

Rochimudin Indonesia | Senin, 29 September 2014 | 14.59 |
(dok: google.com)
Jurnal karya: Budi Murtiyasa (Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2008)
Kemajuan Teknologi Informasi dan Komunikasi telah mendorong terjadinya banyak perubahan, termasuk dalam bidang pendidikan yang melahirkan konsep e-learning. Dengan e-learning, pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien. Teknologi informasi dan Komunikasi juga sangat memungkinkan dimanfaatkan di pesantren sehingga menghasilkan konsep e-pesantren.

E-pesantren memberikan para santri, ustadz, dan pengelola pesantren untuk mengambil banyak manfaat, di antaranya fleksibilitas program pendidikan, dakwah syiar islam, dan bahan kajian yang dapat dibuat lebih menarik dan berkesan. Integrasi teknologi informasi dan komunikasi pada pendidikan di pesantren meningkatkan kualitas pendidikan di pesantren dan kemudahan dakwah.

Dampak ikutan dengan integrasi teknologi informasi dan komunikasi pada pendidikan adalah mendorong percepatan computer literacy pada masyarakat Indonesia.
Kata Kunci : e-pesantren, e-learning.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berlangganan

//